Skip to main content

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lift

Setelah pada posting sebelumnya saya menguraikan tentang perjalanan dan pengalaman unik menuju tempat acara Pembinaan K3 tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2009 di Bogor, kali ini akan saya tuliskan beberapa hal dalam garis besar hasil dari Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bidang Teknisi dan Penyelia Lift yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi provinsi DKI Jakarta.

Keselamatan dan Kesehatan kerja adalah hak setiap tenaga kerja dalam melakukan pekerjaan serta setiap orang lainnya yang berada dalam lingkungan kerja seperti tertuang sepenuhnya dalam Undang-undang No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang dapat didownload di sini.

Khusus untuk lingkungan kerja yang berhubungan dengan lift, UU No.1 tahun 1970 dalam hal ini menyebutkan pada Bab II pasal 2 ayat (2) huruf f "dilakukan pengangkutan barang, binatang atau manusia, baik di daratan, melalui terowongan, di permukaan air, dalam air, maupun di udara;". Kemudian syarat-syarat keselamatan lift pengangkut orang dan barang diatur dalam Permen no.03/Men/1999 yang selengkapnya dapat didownload di sini.

Berikut ini Undang-Undang dan peraturan yang mengatur penyelenggaraan lift:
  • UU No.1 tahun 1970, tentang persyaratan keselamatan kerja
  • PP No.23 tahun 2004, tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi
  • Permen No.03/MEN/1978, tentang penunjukan dan kewenangan Ahli K3
  • SNI-1718-1989, tentang pemeriksaan dan pengujian lift
  • Permen No.03/MEN/1995, tentang syarat-syarat penunjukan Perusahaan jasa K3 (PJK3)
  • Permen No.03/MEN/1998, tentang tata cara pelaporan kecelakaan kerja
  • Permen No.03/MEN/1999, tentang syarat-syarat keselamatan lift pengangkut orang dan barang
  • Permen No.407/BW/1999, tentang persyaratan teknisi lift
  • Permen No.07/MEN/2006, tentang ijin mempekerjakan tenaga kerja Asing (IMTA)

Hal-hal yang perlu diperhatikan keselamatan dan kesehatan dalam lingkungan kerja lift adalah:
  • Perencanaan
Dalam tahap perencanaan, pengawasan dilakukan pada saat penyerahan gambar rencana. lebih ditekankan pada fungsi dan kegunaan lift tersebut sesuai dengan perhitungan traffic analysis yaitu perhitungan jumlah, kapasitas dan kecepatan lift dalam suatu gedung yang disesuaikan dengan jumlah dan populasi pengguna. sedangkan gambar rencana meliputi gambar konstruksi lengkap dengan detailnya, perhitungan konstruksi, spesifikasi dan sertifikasi material (Permen No.03/MEN/1999 Bab III Pasal 24 ayat (2)dan (4)).
  • Pemasangan
Tahap pemasangan, tahap assembling dari semua peralatan yang telah direncanakan dan diproduksi sesuai gambar rencana. Yang perlu diperhatikan dalam tahapan ini adalah:
  • Dipasang oleh perusahaan yang memiliki surat ijin instalatur
  • Memiliki surat ijin pemasangan
  • Pemasangan diawasi oleh supervisor yang kompeten dan memiliki SIO (Surat Ijin Operasi) penyelia pengawas pemasangan lift
  • Pemasangan dilaksanakan oleh teknisi yang memiliki SIO adjuster.
  • Dilaksanakan pemeriksaan dan pengujian oleh perusahaan riksa uji (PJK3 Riksa Uji) dan disahkan oleh pengawas yang ditunjuk sebelum pesawat tersebut dipakai.
  • Pengoperasian
Setelah pesawat lift selesai dipasang dan telah memiliki surat ijin pemakaian lewat serangkaian riksa uji, maka pesawat lift tersebut layak untuk digunakan. berikut ini hal-hal yang perlu dilaksanakan agar pengoperasian pesawat lift dapat berjalan dengan baik dan aman (setiap saat).
  • Pengoperasian dikelola dan diawasi oleh teknisi yang kompeten dan memiliki SIO sebagai penyelia pengawas operasi lift.
  • Dipergunakan dan dioperasikan dengan benar
  • Dirawat dan diperbaiki secara benar oleh teknisi yang kompeten dan memiliki SIO perawatan dan perbaikan
  • Memiliki manajemen kondisi darurat

Demikian kira-kira sedikit pembahasan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam lingkungan kerja Lift. Sebenarnya masih banyak materi-materi yang berhubungan namun pembahasannya akan disambung dalam posting berikutnya. Terimakasih.

Comments

  1. oooooo.....
    baru tau saya, kalo pemasangan lift ada aturannya UU malah, hhhmmm jadi lebih selektif neh kalo milih kontraktor, btw makasih bro infonya, sangat bermanfaat buanget.
    -----------
    http://chronic-idiopathic-constipation.com/constipation-remedies
    http://chronic-idiopathic-constipation.com/constipation-relief
    http://chronic-idiopathic-constipation.com/what-to-do-for-constipation

    ReplyDelete
  2. Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

    ReplyDelete
  3. Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yamaha Jupiter MX-135LC Electrical Diagram

Yang sudah lama dicari akhirnya ketemu juga. Buku manual Yamaha Jupiter MX-135LC. Hehe... padahal punya motornya sudah 3 tahunan tapi jarang utak-atik, kemudian saat dapat masalah baru mau belajar . Terimakasih untuk juragan Darshan dan anekacampur-nya yang berkenan sharing link downloadnya meski sudah agak basi tapi bagi yang baru mau belajar seperti saya mungkin petunjuk wajib untuk mengenal seluk beluk dan komponen dari motor Jupiter MX ini. Lantas yang ingin saya sampaikan hanya yang berhubungan dengan kelistrikan motor ini saja. Mekanisnya browsing blog sebelah ya... Berikut ini saya bawakan gambar diagram kelistrikan dari motor Jupiter MX-135LC dan juga diagram circuit lightingnya yang bawaan pabrik ini. Langsung saja di klik linknya karena kalau ditampilkan disini terlalu besar dan juga kalau diperkecil gambar jalur kabelnya tidak kelihatan. MX135LC-lighting circuit diagram MX135cc-wiring diagram Mudah-mudahan dapat membantu bagi yang sedang mencari dan ingin belajar atau sedang a…

Download Software Simulasi Kontrol Elektrikal

Assalamualaikum
EKTS (Electrical Control Techniques Simulator) adalah software yang berguna dan sangat membantu untuk mendesain atau simulasi electro/mechanical control system. Saya sampai saat ini juga menggunakan perangkat lunak dari veppa ini untuk belajar dan memecahkan masalah yang saya hadapi dalam pekerjaan saya.  Melalui software ini kita bisa bereksperimen dengan control menggunakan bermacam relay, kontaktor, timer, tombol, switch, motor, dan bahkan konfigurasi elevator atau lift. Menariknya lagi bagi yang sedang belajar seperti saya, saya dapat mempelajari prinsip kerja sistem dan menganalisa aliran arus pada suatu sirkuit, software ini juga dapat membantu menunjukkan kesalahan-kesalahan pada desain yang kita buat setelah kita lakukan simulasi. Hasil desain yang berupa gambar, dapat langsung dicetak / print, atau disimpan dalam bentuk file jpg, gif, png, dan bmp. 
Download Untuk instalasi di windows anda harus instal .NET Framework dulu di komputer anda. 

Video tutoria…